TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERKAIT DENGAN KETENAGAKERJAAN, KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA

KEBIJAKAN

Perseroan senantiasa tunduk dan taat terhadap peraturan perundangan yang berlaku, termasuk di bidang ketenagakerjaan. Perseroan memberikan perhatian dan komitmen yang tinggi dalam hal kesetaraan gender dan kesempatan kerja, pelatihan kerja untuk meningkatkan profesionalisme karyawan serta sistem imbal jasa yang sepadan di industri perbankan.

Perseroan telah memiliki kebijakan yang diinternalisasikan antara lain pedoman fasilitas kepegawaian, pedoman promosi, pedoman pengelolaan pendidikan, serta pedoman yang mengatur kesetaraan gender dan persamaan hak yang tertuang dalam Code of Conduct yang telah disahkan berdasarkan SK No. 069 Tahun 2013 tentang Kode Etik PT Bank Bukopin, Tbk dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) No. KEP. 115/PHIJSK-PK/PKB/VII/2017 tanggal 26 Juli 2017 yang selalu diperbaharui secara berkala menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

TARGET KEGIATAN

Terkait dengan praktik ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja bagi karyawan, sepanjang tahun 2018 Perseroan telah menetapkan beberapa target pencapaian antara lain:

• Melaksanakan pengelolaan SDM dengan menerapkan sistem kesetaraan kesempatan dalam pelaksanaan program rekrutmen, kesempatan kerja dan programprogram pengembangan karyawan serta implementasi hubungan industrial.

• Perseroan juga berencana untuk melakukan review terhadap ketentuan remunerasi karyawan agar selalu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan kompetitif pada industri yang sama. Rencana kerja ketenagakerjaan dituangkan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2018.

• Terkait dengan praktik kesehatan bagi karyawan, Perseroan memiliki komitmen untuk senantiasa meningkatkan produktivitas kerja melalui program kesehatan bagi karyawan. Komitmen tersebut merupakan upaya untuk memastikan agar kesehatan karyawan tetap prima sehingga membawa dampak positif bagi karyawan selaku individu dan keluarganya, yang pada akhirnya diharapkan akan berdampak pada perbaikan produktivitas Perseroan.

KEGIATAN

KEGIATAN KETENAGA KERJAAN

Pelaksanaan kebijakan Perseroan terkait bidang ketenagakerjaan dapat dijelaskan sebagai berikut:

KESETARAAN GENDER DAN KESEMPATAN KERJA

Perseroan memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang, baik pria dan wanita, tanpa memandang perbedaan etnik, agama, ras, kelas, gender, ataupun kondisi fisik untuk mengikuti program rekrutmen pekerja. Pengangkatan calon pekerja didasarkan atas hasil seleksi, hasil evaluasi pada masa percobaan dan orientasi pekerja.

KESETARAAN DALAM PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM, Perseroan telah menyelenggarakan berbagai Program Pelatihan dan Pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan bisnis Perseroan. Setiap karyawan Perseroan memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti program pendidikan dan pelatihan, hanya saja dalam pelaksanaan program ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan rencana pengembangan perusahaan.

KEBEBASAN BERSERIKAT

Perseroan senantiasa berupaya untuk mendorong terciptanya Hubungan Industrial yang berkualitas dan harmonis dengan Serikat Pekerja sebagai perwakilan dari karyawan. Melalui forum kemitraan dengan Serikat Pekerja, karyawan dapat menyampaikan aspirasi kepada perusahaan sehingga komunikasi dua arah antara perusahaan dan karyawan tetap terjaga. Saat ini telah terbentuk SP baru bernama Serikat Pekerja PT Bank Bukopin Tbk (SPBB). SPBB terbentuk sejak 11 Agustus 2015 dan telah resmi terdaftar di kantor Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Administrasi Jakarta Selatan dengan Nomor: 757/SP/JS/VIII/2015 tanggal 11 Agustus 2015. SPBB berkedudukan dan berkantor pusat di Jakarta, dengan alamat Gedung Bank Bukopin Jalan M.T. Haryono Kav. 50-51 Jakarta Selatan.

PERJANJIAN KERJA BERSAMA

Perjanjian Kerja Bersama merupakan aturan tata laksana praktik ketenagakerjaan yang disesuaikan dengan kondisi Perseroan. Melalui Perjanjian Kerja Bersama, hak dan kewajiban karyawan dan Perseroan dalam hubungan industrial menjadi lebih jelas. Perseroan telah memiliki dokumen/buku Perjanjian Kerja Bersama yang diterbitkan dan disahkan Kementerian Ketenagakerjaan RI Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja pada tanggal 26 Juli 2017.

REMUNERASI

Perseroan menerapkan kebijakan sistem remunerasi dengan berpedoman pada Filosofi kompensasi Perseroan yaitu Pay for Position, Pay for Person dan Pay For Performance. Perseroan juga selalu memastikan telah mentaati seluruh aturan yang berlaku yang terkait dengan sistem remunerasi. Terkait dengan remunerasi, Perseroan senantiasa berupaya agar tidak terjadi gap remunerasi terlalu tinggi. Rasio gaji tertinggi dan terendah selama 2018 adalah sebagai berikut.

PROGRAM PENSIUN

Salah satu sarana dalam menciptakan hubungan kerja sama yang harmonis dengan pekerja, Perseroan melaksanakan program purnabhakti bagi karyawannya yang sudah memasuki masa pensiun, antara lain seperti:

• Pengelolaan Masa Persiapan Pensiun (MPP);

• Training Masa Purnabhakti sebagai pembekalan bagi para karyawan beserta pasangannya (suami-istri) dalam menghadapi masa pensiun;

• Penghargaan koin emas; dan

• Fasilitas asuransi kesehatan serta layanan kesehatan lainnya. Perseroan juga memiliki program pensiun yang dilaksanakan sejak karyawan masih aktif bekerja yaitu antara lain:

• Tunjangan Jaminan Pensiun;

• Tunjangan Hari Tua (JHT); dan

• Dana Pensiun yang diberikan secara proporsional berdasarkan masa kerja.

PESANTREN KILAT DAN DAY CARE UNTUK ANAKANAK KARYAWAN

Sebagai salah satu upaya meningkatkan employee engagement karyawan dalam hal membuat lingkungan kerja menjadi tempat yang nyaman untuk bekerja dan salah satu upaya pelaksanaan CSR bagi karyawan internal maka Perseroan menyelenggarakan kegiatan PESANTREN KILAT for BUKOPIN Kids and Teens. Pelaksanaan kegiatan Pesantren Kilat ini dilakukan melalui kerjasama dengan Pondok Pesantren As-Syifa, Subang. Sedangkan Daycare adalah sebuah kegiatan insidentil untuk membantu karyawan dalam pengasuhan anak-anak karyawan ketika tidak ada Asisten Rumah Tangga (ART).

KEGIATAN PEMBERIAN FASILITAS KESEHATAN

Kesehatan karyawan merupakan salah satu kunci utama dari tercapainya kinerja karyawan secara individu dan perusahaan secara keseluruhan. Oleh karenanya, upaya menjaga kesehatan karyawan menjadi tanggung jawab bersama. Perseroan memfasilitasi karyawan dengan beberapa kegiatan yang diharapkan dapat membangkitkan kesadaran dan motivasi dalam menjaga kesehatan masingmasing. Kebijakan tentang jaminan dan fasilitas kesehatan karyawan tertuang di dalam Perjanjian Kerja Bersama.

Terkait dengan kesehatan karyawan, fasilitas dan benefit yang diberikan kepada karyawan dan keluarganya ditinjau secara berkala. Tunjangan kesehatan diberikan kepada karyawan dan keluarganya melalui perusahaan asuransi komersial dan BPJS Kesehatan, yang meliputi rawat jalan, rawat inap, pemeriksaan kesehatan (medical check up) dan kesehatan gigi. Dalam hal fasilitas kesehatan bagi pasangan dan anak karyawan, Perseroan tidak membedakan antara hak yang diterima oleh karyawan laki-laki dan perempuan.

Sejak tahun 2014, Perseroan memberlakukan program reward yang berlaku untuk asuransi kesehatan komersial. Reward diberikan kepada karyawan dan/atau keluarganya yang sedikit dan/atau tidak melakukan klaim selama periode polis. Dengan program ini, apabila klaim kesehatan karyawan dalam satu tahun belum mencapai batas maksimal, maka karyawan akan mendapatkan reward yang besarnya ditentukan berdasarkan ketentuan pemberian reward. Selain itu Perseroan juga menyediakan fasilitas kesehatan dalam kantor guna memberikan pelayanan jasa medis atau kedokteran kepada karyawan. Perusahaan juga menyediakan fasilitas mobil Ambulance yang tersedia di Kantor Pusat dan beberapa Kantor Cabang. Mobil Ambulance ini merupakan fasilitas darurat medik untuk keperluan Karyawan beserta keluarga yang dapat digunakan untuk mengantar pasien darurat maupun sebagai kereta jenazah. Di samping memfasilitasi karyawan untuk menjaga kesehatan, Perseroan mengikutsertakan karyawan dan keluarganya dengan asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Fasilitas ini bertujuan untuk memberikan proteksi dan biaya pertanggungan asuransi saat menjalani pemeriksaan kesehatan atau perawatan di rumah sakit termasuk jaminan bagi karyawati dan istri karyawan yang menjalani persalinan.

KEGIATAN KESELAMATAN KERJA

Aspek keselamatan kerja merupakan salah satu perhatian utama Perseroan. Perseroan berusaha untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman untuk mendukung terciptanya kinerja Perusahaan yang optimal. Untuk itu, Perseroan bertekad menciptakan lingkungan kerja yang sehat, bebas cedera dan melakukan kegiatan operasional sesuai kaidah yang berlaku.

SIMULASI KEADAAN DARURAT

Perseroan secara rutin menyelenggarakan simulasi penanganan dan evakuasi apabila terjadi bencana alam atau kebakaran. Pemasangan rambu-rambu evakuasi juga telah dilakukan di berbagai titik. Pemeriksaan dan perawatan peralatan keselamatan seperti tabung pemadam kebakaran dan alarm juga rutin dilakukan. Perseroan telah melakukan simulasi kebakaran dan keselamatan Gedung yang dilaksanakan secara rutin untuk tiap tahunnya.

PROGRAM JAMINAN KECELAKAAN KERJA

Perseroan telah mengikutsertakan seluruh karyawannya dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dari BPJS Ketenagakerjaan dengan pembayaran iuran oleh Perusahaan yang besarannya sesuai dengan ketentuan.

SOSIALISASI KESELAMATAN KERJA

Sebagai salah satu langkah pencegahan kecelakaan kerja di ruangan kantor, Perseroan senantiasa memberikan sosialisasi terkait penggunaan peralatan kerja secara aman, misalnya: penggunaan peralatan listrik yang standar dari Perusahaan, selalu mematikan komputer dan alat listrik lain apabila tidak dipergunakan.

FASILITAS KESELAMATAN KERJA

Perseroan menyediakan 1 (satu) mobil jenazah dan 20 (dua puluh ) mobil ambulance. Mobil jenazah saat ini baru tersedia di Kantor Pusat, sedangkan mobil ambulance tersedia di Kantor Pusat (2 mobil), Cabang Semarang, Cabang Surabaya, Cabang Makassar, Cabang Bandung, Cabang Medan, Cabang Samarinda, Cabang Banda Aceh, Cabang Pekanbaru, Cabang Yogyakarta, Cabang Malang, dan Cabang Denpasar, Cabang Cirebon, Cabang Kupang, Cabang Manado, Cabang Mataram, Cabang Jember, Cabang Lampung dan Cabang Padang. Sepanjang tahun 2018 fasilitas tersebut telah dimanfaatkan secara optimal oleh karyawan, pensiunan karyawan, dan anggota keluarga yang membutuhkan.

DAMPAK KEGIATAN

Dampak dari serangkaian pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial terkait dengan ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja yang dilaksanakan oleh Perseroan dapat dilihat dari meningkatnya produktivitas karyawan Bank Bukopin yaitu dari Rp19,54 juta per orang pada tahun 2017 menjadi Rp34,24 juta per orang pada tahun 2018. Hal ini mencerminkan bahwa produktivitas karyawan mengalami peningkatan. Pertumbuhan tingkat produktivitas karyawan dapat dilihat pada tabel berikut:

Selain itu, sepanjang tahun 2018, Perseroan tidak mencatat adanya kecelakaan kerja (zero accident) dalam kegiatan operasional Perseroan di Kantor Pusat maupun di Kantor Cabang/Regional. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh kegiatan operasional telah berjalan sesuai dengan prosedur dan standar keamanan kerja yang berlaku.

 

520
Bukopin Annual Report 2018