SEKILAS TENTANG PERSEROAN

KILAS KINERJA

IKHTISAR KEUANGAN

LAPORAN DEWAN KOMISARIS

Mustafa Abubakar Komisaris Utama Independen

Fokus pengawasan Dewan Komisaris selama tahun 2018 menekankan pada strategi peningkatan kualitas aktiva produktif. Dewan Komisaris juga menekankan pada peningkatan kompetensi sumber daya manusia dan teknologi informasi, agar dapat menjawab tantangan perusahaan.

Selengkapnya

LAPORAN DIREKSI

Eko Rachmansyah Gindo Direktur Utama

Di tengah situasi tersebut, Bank Bukopin berhasil menjaga keberlangsungan kinerjanya. Selama tahun 2018 fokus Perseroan adalah berkonsentrasi menyiapkan fondasi yang kokoh untuk memacu pertumbuhan berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya melalui strategi yang focus pada perbaikan rasio kecukupan modal, perbaikan kualitas kredit dan penurunan biaya dana serta biaya overhead.

Selengkapnya

PERISTIWA PENTING

  • 10 JANUARI

    Bank Bukopin menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 10 Januari 2018. Dalam rapat tersebut ditetapkan penggantian Direktur Utama dari Bapak Glen Glenardi kepada Bapak Eko Rahmansyah Gindo.

  • 30 JANUARI

    Bank Bukopin melalui BNV Labs bekerja sama dengan 3 startup digital yaitu Triplogic Startup yang bergerak di bidang travel dan logistic, Karapan yang bergerak di bidang e-commerce peternakan modern berbasis web dan android, serta Eragano, yaitu Startup yang berfokus pada pengembangan area pertanian di Pulau Jawa dan sebagai Nusa Tenggara.

  • 21 FEBRUARI

    Bank Bukopin menyelenggarakan konferensi pers untuk mensosialisasikan program Cashback Purchase Wokee kepada nasabah dan masyarakat luas di BNV Labs, Menara Kibar. Melalui program Cashback Purchase Wokee, nasabah dapat melakukan pembelian dan pembayaran pulsa telepon dan PLN melalui aplikasi Wokee dan akan mendapatkan cashback.

  • 23 MARET

    Bank Bukopin memacu bisnis kartu kredit dengan memperkenalkan berbagai Program Promo Kartu Kredit seperti Santai Seru, Kuliner Seru, Sehat Seru, Cicilan Seru dan Belanja Seru. Presentasi tersebut digelar di Hotel Pullman CBDThamrin, Jakarta

  • 29 MARET

    PLN Cabang Batam melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Bank Bukopin Kantor Cabang Batam dalam penyediaan layanan Flexy Bill.

  • 2 APRIL

    Bank Bukopin menggelar konferensi pers di Kantor Pusat Bank Bukopin, Jakarta. Dalam konferensi tersebut, manajemen Bank Bukopin memaparkan 7 strategi bisnis untuk memacu pertumbuhan kinerja pada tahun 2018, mulai dari layanan Flexy Bill, peningkatan penyaluran pembiayaan properti, memacu promo kartu kredit, hingga program kredit personal dan BNV Labs.

  • 10 - 12 Juli

    Bank Bukopin menggelar Festival Kuliner Wokee sebagai salah satu rangkaian acara Perayaan HUT ke-48 Perseroan di arena parkir kantor pusat. Acara tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari, yang dimeriahkan oleh berbagai aktivitas dan booth melalui program diskon menarik.

  • 22 Juli

    Bank Bukopin mengadakan Family Gathering sebagai salah satu rangkaian perayaan hari ulang tahun Bank Bukopin yang ke-48. Acara tersebut, diselenggarakan diThe Jungle Land, Sentul, Bogor dengan diikuti oleh kurang lebih 7.000 karyawan beserta keluarga.

KERANGKA PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE

Keselarasan antara ketiga aspek governance system yaitu governance structure, governance process dan governance outcome adalah faktor kunci dari efektivitas penerapan corporate governance (Tata Kelola). Governance structure meliputi organ Perseroan dan infrastruktur yang berupa berbagai kebijakan Perseroan. Organ Perseroan meliputi Direksi, Dewan Komisaris, komite-komite, dan satuan kerja Perseroan. Adapun yang termasuk infrastruktur Tata Kelola antara lain kebijakan dan prosedur, sistem informasi manajemen serta tugas pokok dan fungsi masing-masing struktur organisasi. Governance process terkait dengan proses penerapan prinsip Tata Kelola yang baik yang didukung oleh kecukupan struktur dan infrastruktur Tata Kelola sehingga menghasilkan outcome yang sesuai dengan harapan Pemangku kepentingan. Governance outcome merupakan gambaran sejauh mana penerapan governance process dan dukungan yang memadai dari governance structure tercerminkan. Komitmen Perseroan dalam menerapkan corportate governance terlihat dari dimilikinya governance structure dan governance process yang efektif, sehingga menghasilkan governance outcome yang memuaskan, sesuai dengan harapan para pemangku kepentingan (stakeholders).

Komitmen Bank Bukopin dalam menerapkan corporate governance diwujudkan dalam Corporate Governance Framework sebagai berikut :

Governance Structure
  • Organ Utama
  • Organ Pendukung
  • Infrastruktur Corporate Governance
Governance Process

Alokasi wewenang, tugas dan tanggung jawab Bank yang efektif:

  • Penetapan Strategi dan Sasaran Bank
  • Pemilihan dan pengawasan human capital yang efektif
  • Pengelolaan Bank yang profesional
  • Melindungi kepentingan nasabah, memenuhi kepentingan pemegang saham, dan pemangku kepentingan lainnya
  • Memadukan budaya, kegiatan usaha dan perilaku dengan tujuan menjalankan kegiatan usaha yang aman dan sehat, dengan integritas dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan
  • Menetapkan fungsi pengendalian yang efektif
Governance Outcome

Pemenuhan harapan para pemangku kepentingan